MENGATASI MOTOR METIC MIO TIDAK BISA HIDUP


Pengalaman saya memiliki motor mio yang selalu membuat saya kesal setiap hari karena sulit dihidupkan. Tidak bisa dihitung berapa kali motor kesayanganku ini membuat saya malu depan orang banyak di tempat yang berbeda.

UPDATE : Modifikasi ringan, MERUBAH BODY MIO SMILE MENJADI TRAIL. silahkan di tonton di https://youtu.be/_qnjSXmpP-U


Dulu saya ingin sekali punya motor Metic, saya merasa lebih PD menggunakan motor macam ini. tidak heran kalu saya minjam terus ma teman kos yang punya motor metic untuk bepergian dengan berbagai alasan. Meskipun pada saat itu saya sebenarnya punya motor Fit X, namun saya kurang PD memakainya, apalagi kalau saya ma pacar tercinta. hehe.

Karena sudah terlalu sering minjam ma teman kos atau teman di kampung yang punya motor metic, rasa malu itupun mulai muncul, teman-teman sudah mulai membicarakan saya yang keseringan pinjam motor, sedangakan motor Fit X saya tidak pernah saya sentuh karena tidak PD. Akhirnya singkat cerita saya berinisiatif untuk membarter motor Fit X dengan motor metic Mio. Saat itu saya harus merogoh kocek 2 juta untuk bisa mendapatkannya. Istilahnya saya tukar tambah Mio dengan fit X plus uang 2 juta.

Ini uang punya paman saya di malaysia yang dikirim melalui rekening saya untuk diberikan kepada nenek. namun saya menghabiskannya untuk mendapatkan mio tanpa sepengetahuan nenek. Hanya orang tua yang tahu, Itupun saya megeluarkan jurus andalan untuk mendapatkan izin dari orang tua dan paman yang punya uang itu sendiri.

Saya tidak tahu kalau Mio yang saya dapatkan ini sduah berpenyakitan, tahun keluarannya 2008, 5 tahun sudah motor ini kepakai oleh pemilik aslinya. Cuman satu hari mio ini tidak ada masalah sama saya. Mulai hari kedua dari hari saya memiliki motor ini, saya sudah mendapatkan rasa kesal yang pertama. pada hari itu saya berencana pulang, ditengah perjalanan perut ini mulai keroncongan, karena sudah tidak tahan, saya mencari dagang bakso lalu menghampirinya. 45 menit saya nongkrong di warung bakso, orang tua menelpon untuk pulang hari itu juga. karena jarak dari warung bakso sampai rumah sudah lumayan dekat, dengan nyantai saya bilang ma ortu, 5 menit lagi nyampai rumah kok bu... woiss... PD banget saya bilang begitu. selesai makan bakso saya langsung start tu motor mio, dan ternyata, Eh..... motornya gk mau hidup. berkali-kali saya coba menghidupkan pakai starter bawah namun gk berhasil juga. sampai-sampai tukang bakso itupun ikut andil membantu saya, namun hasilnya nihil. Terpaksa saya biarkan dan beristirahat beberapa menit. 

Sekitar 7 menit kemudian, saya bangkit lagi menghidupkan ini motor, 10 kali starter bawah, motor ini tidak mau hidup. saya mulai malu ma orang sekitar yang melihat saya sampai keringatan bercucuran menghidupkan motor ini, dan tidak mau hidup juga. Penasaran dengan motor saya, orang-orang yang melihat mencoba membantu menghidupkan, satu persatu mencoba.... tapi....... tidak berhasil juga.......

Akhirnya terpaksa saya SMS teman untuk datang bawa motor .. dan motor mio inipun digeret sampai rumah.

Samapi dirumah saya langsung digubras abis ma ortu.. "bodohnya kamu menukar motor mu dengan motor mio ini" langsung ibu bilang gitu... saya pun jadi malu, tapi saya mencoba meyakinkan ortu dengan perkataan, "besok saya service bu, paling biayanya cuman 25 rb, setelah itu motor mio ini akan kembali normal"

Bener,,, keesokan harinya saya pergi ke salah satu dealer yamaha di kota Selong, disana motor mio ini dibongkar habis ma pomentnya. Dan didapati ternyata motor ini sudah dirubah setingan karbunya. Pomennya bilang kamu harus ganti bagian ini sambil menunjuk karbu, untuk bisa menormalkan motor ini, dan ternyata harga bagian yang harus diganti itu, kalau saya tidak hilap sampai ratusan ribu.

Setalah diganti, motor inipun terlihat normal, satu kali starter sudah mau hidup. hmmmm... hati mulai gembira walau harus merogoh kocek tapi motor mudah untuk dihidupkan....

Hari itu saya tidak mendapat masalah lagi dari motor Mio ini, tapi 2 hari setelah pulang dari dealer,, penyakit motor ini mulai kambuh, saya masih ingat waktu itu saya mau menjemput pacar di daerah Sakra lotim. Sampai disana, saya beristirahat beberapa menit untuk menikmati secangkir kopi hangat yang disuguhkan oleh calon mertua sambil menunggu si sweet heart selesai mandi.. kebetulan sore itu hujan rintik rintik...

Karena dandanan pacar saya sudah jadi, Dia sudah siap untuk berselancar dengan saya mengendarai sepeda motor mio yang terlihat keren... mmmm.... sayang sekali, 5 kali starter motor ini tidak mau hidup, 10 kali, 20 kali sampai kurang lebih 80 kali motor inipun tidak mau hidup. Pacar saya ngambeknya minta ampun. karena tidak jadi pergi gara-gara motor jadul brengsek ini. Dan bener hari itu kami tidak jadi pergi, padahal pacar saya sudah capE capE berdandan. Hampir saja dia mau memutuskan hubungan dengan saya gara-gara motor brengsek ini.

Lagi-lagi saya bawa dia ke service motor, tapi kali ini saya membawanya ke bengkel di daerah Terara lotim. dan ternyata pomennnya juga bilang harus mengganti bagian karbu yang sama untuk bisa mendapatkan motor ini normal kembali. mmmmm.. dengan berat hati saya menggantinya... Dannnn.... wois.. bin salabin. motor ini kembali normal.......

Hari berikutnya saya membawa motor ini pergi kuliah, 2 mata kuliah saya ikuti dengan kisaran waktu 4 jam, Sayapun berencana langsung balik ke kos.. Tapi Eh...... ternyata motor ini tidak mau hidup lagi.. Hati saya benar-benar terasa terbakar. hampir waktu itu saya mau membakar ini motor, tapi saya masih punya hati, karena saya memakai uang paman dan motor kesayangan fit x untuk mendapatkannya. itu yang saya ingat sehingga hati saya luluh... Dari kampus sampai ke kos, saya mendorong ini motor, jaraknya sih gk terlalu jauh, tapi kan capek juga kalau kita mendorongnya.

Nyampai di kos, saya mencoba menghidupkan motor ini, namun masih tidak mau hidup, Saya mulai memberanikan diri untuk membongkar sendiri. bagian pertama yang saya buka adalah penutup saringan, saya coba hidupkan, masih saja tidak membuahkan hasil, saringannyapun saya lepas, Eh dan ternyata, itu kuncinya, Motor ini langsung hidup, hanya 2 kali startert... dan mulai saya berpikir ternyata masalahnya disaringan, saya biarkan saja motor ini berkelana kemanapun tanpa memakai saringan, dan dari sejak itu motor ini gk ada masalah, hanya 2, 3 kali starter, langsung hidup...

Nah itulah pengalaman saya punya motor metic yang sudah tua. Apabila kawan-kawan memiliki masalah yang sama. Motor meticnya gk bisa hidup, coba buka saringannya dan biarkan tidak memakai saringan, lalu hidupkan... semoga berhasil

good luck... !!!!

Posting Komentar

45 Komentar

  1. thanks gan.. persis bener dgn nasib ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. Kirain Ane aja yang ngalami. Sukses terus gan

      Hapus
  2. Yang d copot sringan apa nya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mf gan baru tengok ni blog.. yang dicopot tu saringan karbunya gan (posisi diatas roda blakang)

      Hapus
  3. Yang d copot sringan apa nya gan?

    BalasHapus
  4. buset sama banget sama mio gua gan...
    Ok gw coba gan semoga berhasil di mio ane

    BalasHapus
  5. Demi allah gan motor gua sama kaya ente pas ane buka saringan langsung nyala, makasih bgt gan sumpah bener2 bermanfaat ini

    BalasHapus
  6. Udah bekali2 kebengkel makan biaya banyak, baru kali ini tau penyebennya cuma cuka saringan hahaha skali lagi makasih gan infonya

    BalasHapus
  7. Udah bekali2 kebengkel makan biaya banyak, baru kali ini tau penyebennya cuma cuka saringan hahaha skali lagi makasih gan infonya

    BalasHapus
  8. Matur suwun gan, emang bener bener mujarap. Jos tenan motor mio yang sudah tua sekarang jalan lagi dengan gagah suaranya.

    BalasHapus
  9. Klo motor matic udah pernah d pake tanpa memakai saringan trus d pasang saringan lgi pasti gitu gan itu rewelnya apalagi motor nya udah pernah d rubah setingan nya d bikin agak up tnpa saringan jdi klo mau d pasang saringan terus pasang klo mau d buka saringan udah buka aja jdi tnpa saringan klo d pasang lgi pasti agak rewel

    BalasHapus
  10. dicopot filter nya maksudnya gan? mio ku juga macet ini habis bongkar karbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gan betul banget... saya nyebutnya saring aja gan

      Hapus
    2. Motor ane sama juga. Klw pagi2 susahnya minta ampun. Btw itu yg copot saringan yg di atas roda belakang bukan?

      Hapus
  11. keren bgt tips nya,mio ku jg sering macet gt ga bisa hidup.td lgsung aq copot trz sekali selah ...jreeng

    BalasHapus
  12. Motor mio ku juga kaya gitu gan... moga2 bisa

    BalasHapus
  13. mantapppp gan .... sukses selalu

    BalasHapus
  14. Tp maaf ni,,,kalo lama ga pake saringan klep jadi cepet numpuk keraknya resiko bakaln nambah gan,,,mending ganti baru saringan udaranya

    BalasHapus
  15. Gan motor saya juga begitu. Susah nyala di sela(kickstater) terus sampe per kickstaternya rusak juga gak mau nyala, pas di buka filter udara atau saringan mau nyala tapi kalo di pasang lagi 1 jam aja gak mau nyala lagi walaupun di sela (kickstater)

    Tolong bantuannya suhu

    BalasHapus
  16. Wkwkwk penemuan sepele tapi jitu! Mantap ijin praktek brooooo!

    BalasHapus
  17. Udah gak copot masih aja😁😁😁 bunyi sebentar jalan 200 M maati lagi,, hari ini pagi moogok, buka saringan jteng 200 M mati lagi,😭😭😭

    BalasHapus
  18. Kalo mio saya ketika dingin harus di tutup dulu karbu nya baru mau hidup, itu penyebab nya apa ya?

    BalasHapus
  19. Kalo mio saya ketika dingin harus di tutup dulu karbu nya baru mau hidup, itu penyebab nya apa ya?

    BalasHapus
  20. Apa tda masalah kalo di pake lama tampah saringan??

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. kalo mio saya mati total lur, kompresi bagus, pengapian ya bagus.. tapi kali ini saya mau coba cara yg barusan saya baca... semoga berhasil lur...

    BalasHapus
  23. I liat gan ilmu ente kepake banget untung ane liat post ente

    BalasHapus
  24. Mio saya sdh buka saringan tetep aja susah hidup kalau panas kalau dingin enak hidup tpi kalau pnas klaupun bisa hidup di gas mentok cuma ndut ndut aja bunyinya terus mati kira kira apanya ya yg bermsalah mohon bantuannya

    BalasHapus
  25. Mohon bantuan nya bro
    Saya dari lb.lombok
    Kemaren pas sy lagi pakek motor Mio sy jln2, eh tiba2 mati total keluar suara kayak ada yg pecah gitu.besok nya saya periksa teryata busi nya terlepas. Kira2 apanya yg bermasalah ton?

    BalasHapus
  26. Jooosss....langsung tokcer ...setelah buka saringan...makasih mass brooo

    BalasHapus
  27. Mio sy THN 2010 klo mesin dingin ga mau nyala knp ya...kemarin enak AZ..sekali sela nyala...tp esok hari paginya mau dipake ga mau nyala...kira kira apanya ya

    BalasHapus
  28. Saya mau bertanya,motor saya Mio smile tahun 2010 awalan beli mantep ganteng mesin enak,ehh 2 hari pas ane pen kola kesiangan motor mati susah di nyalakan,lanjut cerita akhirnya seher kena,dan baru menyentuh sekitar 1-2 Minggu motor berkendara susah idup,kadang bisa kadang ga, starter kadang bisa 8 kali blm idup,di sela juga sama dan semakin banyak di sela atau di stater motor bunyi di bagian cvt tapi kondisinya mati tidak bisa nyala dan sekarang saya bingung harus bagaimana apa yang rusak?,minta solusi,dan kisaran harga brph ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba liat pengapian dlu gan, ,copot kabel busi ada ga percikan apinya.
      Kalo ada pengapian nya tapi ga mau hidup.
      Coba copot filter & puter setingan gass sampe full di engkol" terus Ampe nyala. Mudah"n bisa gan.

      Hapus
  29. Ini Mio saya udh diganti karburator smash, pengapian bagus tapi kompres TDK ada, kira kira mslhnya apa ya?

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)