BERWISATA DI DESA SENARU AIR TERJUN SENDANG GILE DAN TIU KELEP


Kalau bahas wisata di Lombok, tidak akan ada habis-habisnya. Siapa yang tidak kenal Lombok, pulau kecil, mungil, imut ini terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang memukau. Bahkan beberapa tahun yang lalu pariwisata Lombok sudah disahkan dunia sebagai tempat wisata halal tourism. Nah bagi wisatawan muslim mancan Negara tidak perlu khawatir lagi untuk berwisata di Lombok. Karena pemerintah dan pihak pengelola wisata sudah menyediakan tempat  khusus bagi mereka. Jadi selain dapat menikmati alam, juga kewajiban sebagai seorang muslim tidak terabaikan seperti sholat atau menjaga aurat.


Desa Senaru, kemcamatan bayan Lombok utara adalah salah satu diantara dari sekian banyak tempat wisata yang harus kalian kunjungi pas liburan di Lombok. Senaru masih termasuk di kawasan taman nasional gunung rinjani. Selain sebagai tempat operasi penerimaan tamu yang ingin mendaki gunung rinjani, desa Senaru juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan yaitu air terjun sendang gile dan tiu kelep

Air terjun sendang gile dan tiu kelep termasuk aset alam terbesar dan terpenting disana. Pasalnya air terjun ini terletak dibawah kaki gunung rinjani dan airnya yang jernih langsung berasal dari sana. Banyak pengunjung yang datang setiap hari berwisata ke kedua air terjun ini.

Karcis masuknya tidaklah terlalu mahal. Hanya 5 ribu rupiah untuk pengunjung local dan 10 ribu bagi wisatawan asing. Air terjun pertama yang bisa diakses adalah air terjun sendang gile. Air terjun ini memiliki curah air yang sangat banyak dengan ketinggian kurang lebih 30m. tidak ada tempat berenang . Tapi rasakan sensasinya dengan berada langsung dibawah air yang jatuh. Air terjun beranak. Ya itulah sebutan saya, karena air terjun sendang gile memiliki satu tingkat. 

Lain halnya air terjun sendang gile, air terjun tiu kelep memiliki luas yang lebih besar, dimana para pengunjung bisa berenang. Akses kesana membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari air terjun sendang gile dengan melewati sungai. Disinilah biasanya pengunjung membutuhkan guide untuk membantu menyeberangi sungai dan juga agar tidak tersesat ditengah jalan. Tinggi air terjun tiu kelep sekitar 45 meter. Airnya sejuk, dingin dan menyegarkan. Saking jernih, saya tidak takut untuk minum airnya langsung tanpa ada rasa khawatir sakit perut.

Nah bagi para traveler, mari datang berwisata di desa Senaru, banyak hal yang dapat dinikmati termasuk alamnya yang sejuk. Eh… disana juga ada rumah tradisional. Rumah ini tidak pernah dirubah atau direnovasi sampai sekarang. Tapi sayang saya tidak sempat mengunjunginya kemarin.


MAYBE NEXT TIME…  

Posting Komentar

0 Komentar