MENGATASI MOTOR SERING MATI PAS SUHU MESIN NAIK



Sebelum tidur, saya mau bercerita pengalaman saya beberapa hari yang lalu ketika saya dibuat kesal oleh motor kesayangan saya karena sering mendadak mati ditengah jalan ketika suhu mesin sudah naik.

Ceritanya, kemarin saya pergi mengunjungi salah satu rumah teman di Lombok utara, melewati jalur pusuk Sembalun yang dikenal akan keindahan alam dan jalan yang terjal bagaikan ular piton melilit mangsanya. Saya harus menempuh jarak kurang lebih 95 Km dari kampung ke Lombok Utara melalui Desa Sembalun.

Motor jadul saya adalah Minerva Mx 150 buatan German Technology. di Lombok, motor Minerva bukanlah motor idaman para rider apalagi anak muda, meskipun motor ini tergolong motor berkapasitas cc besar namun peminat di Indonesia khususnya di Lombok bisa dibilang sangat rendah. Harganya juga drastis dibawah harga pasar seperti motor Supra x 100. dengan mengantongi modal 5 jutaan, kita sudah bisa mendapati Motor Minerva yang high quality lengkap dengan SS nya.

Saya memiliki minerva ini dengan membarter motor F1zr saya yang harganya kisaran 4.5 juta. Sedikitpun saya tidak pernah mengetahui sebelumnya kalau Motor minerva ini ada di Indonesia. Namun karena saya tertarik dengan model body yang sudah sedikit dimodifikasi seperti motor CB, akhirnya saya mengikhlaskan motor F1 dan menukarkannya dengan motor minerva ini.

Singkat cerita, baru kurang lebih satu minggu motor minerva ini ada dipelukan saya, akhirnya saya penasaran, apakah dia kuat berlari jarak jauh tanpa ada kendala atau tidak.

In the morning, sebelum berangkat, saya cek semua kelengkapan motor seperti mengecek roda, angin, busi, lampu depan belakang, lampu seon. setelah semuanya saya pastikan aman, saya langsung berangkat dalam kondisi normal. saya juga memastikan kalau bensin full sebelum berangkat.

Setelah jarak tempuh sudah sekitar 26KM dijalanan yang rata, motor ini masih berlari tanpa ada kendala. tarikannya juga masih terasa sangat mantap, Yaaa.. kalau dibandingkan dengan motor metic atau yang cc nya dibawah 150 pasti dilibaslah. saya juga tes kejar kejaran sama suzuki Fu, larinya masih sebelas dua belas. it's no so bad...

Well, Masalah terjadi ketika saya memasuki tanjakan Sembalun, belum satu kilo nanjak, motor ini tiba-tiba mendadak mati, saya tidak tahu kenapa. Akhirnya saya turun, cek bensin, namun,, eittss bensin masih full, irit juga ini motor, saya coba injak starter sampai 3 kali, AKHIRNYA BACK ON, nyala.

Ya udah, saya lanjut perjalanan, baru sekitar 200 meter nanjak, motor ini tiba-tiba mati. saya coba idupin lagi, namun kali ini gk berhasil. Saya cek suhu mesin, cover mesin kiri jauh terasa suhunya tinggi dibanding yang disebelah kanan,

Setelah kurang lebih 10 menit saya tungguin, saya coba idupin lagi, Alhamdulillah berhasil hanya dengan dua kali starter. Masih dalam keadaan nanjak, saya lanjut perjalanan..Eh,, tiba tiba motor ini mati lagi.

Hal pertama yang saya cek adalah saluran bensin dari tanki ke karbu, tapi saya dapati, tidak ada kendala. saya coba idupin lagi, masih belum berhasil. Saya curiga ke part yang lain. kali ini ke busi, mungkin sudah aus... saya tungguin beberapa saat supaya pas buka busi suhu mesin tidak terlalu panas.

Setelah dinginnya mesin saya pikir sudah aman untuk buka busi, akhirnya saya langsung copot, cek pengapian, saya dapati pengapian ke busi masih bagus, saya pasang lagi, dan mencoba menghidupkannya. dan Alhamdulillah berhasil (mesin masih dingin)

Saya lanjutin lagi perjalan, masih dalam keadaan nanjak, karena jalur sembalun ini memang tanjakannya panjang sangat. tapi lagi-lagi baru beberapa meter, motor ini off. KESEL BANGET..SEPI LAGI.. DITAMBAH MONYET DIMANA MANA..

Hadeh.... Akhirnya saya memutuskan untuk putar balik, gk jadi lanjutin perjalan, takutnya semakin lama semakin parah. apalagi di kawasan ini tidak ada Bengkel. YUPSSS.. tanpa pikir panjang saya go back down, tanpa idupin mesin. Setelah beberapa saat, saya kipikiran untuk nyalain lagi. Dengan gaya lama, pakai gear 3, lepas kopling, dalam keadaaan turun, motor ini alhamdulillah idup.

Dalam keadaan netral, sambil memainkan gas, saya biarkan motor ini belari turun jurang. Saya heran, kok gk mati mati, saya coba memainkan gear, 1234 sampai 5, masih saja motor ini kenceng. Setelah kurang lebih 10 km berlari di jalan yang datar, mator ini masih aman.

Dan saya berkesimpulan BAHWA kalau di tanjakan motor ini cepat panas dan mati, kalau di jalan datar masih aman kita pakai.

Sampai dekat rumah, saya mampir dulu ke salah satu bengkel kepercayaan saya, dan menceritakan pengalaman yang saya alami tadi. bahwa kalau dijalan datar motor ini gk mati mati namun kalau udha naik tanjakan, motornya cepat panas dan tiba tiba mati.

Disini saya mendapat dua saran yang harus diganti yaitu kiprok dan spul. dan tanpa basa basi saya pergi beli Kiprok dan ganti yang lama karana memang pada hari itu uang saya hanya cukup untuk membeli kiprok. Alhamdulillah hidup normal, dan motor ini saya bawa pulang.

Nyampai di rumah, saya kok kepikiran dan belum merasa puas kalau belum coba lagi pergi main tanjak tanjakan. Apakah ia dengan mengganti kiprok motor ini aman 100 persent. karena memang kalau dijalan yang datar/rata, motor ini masih masih bisa diajak kompromi, tapi belum tentu di jalan yang nanjak.

Keesokan harinya, Supaya saya merasa puas dan tidak ada kendala lagi kedepan, saya balik lagi riding nanjak ke jalur Sembalun. hari itu, saya siapkan segalanya, terutama uang, supaya kalau lagi mati berarti yang harus diganti adalah spul.

Puncak Pusuk Sembalun

Eh benar saja, saya mengalami hal yang sama, setiap kali nanjak motornya mendadak mati. Kali ini saya kepikiran ke Spul. Ya udah, sambil pulang ke rumah, saya cari bengkel yang ada jual spul untuk minerva 150. tapi sayang seribu sayang, sparepart motor minerva di Lombok tidak begitu banyak. kalaupun ada, itu adalah sparepart twin punya motor lain.

Saya cek di bukalapak dan tokopedia, ternyata banyak yang jual spul punya minerva, saya pesen dan nunggu 4 hari barang sampai lombok.

Spul Minerva

Akhirnya, singkat cerita setelah saya ganti sepul punya minerva asli, Alhamdulillah tidak pernah ada kendala lagi, saya riding di jalan rata atau nanjak, motornya jos aja.....

Itulah pengalaman saya punya motor yang sering mati tengah jalan saat nanjak untuk motor Minerva mx 150,

Semoga membantu..

Tahanks















Posting Komentar

0 Komentar