MONITOR PC TIDAK NAMPIL? JANGAN SALAH BELI COMPONENT


Kemarin pas mau nyalain PC, tiba-tiba saya mendapati monitor tidak mau nampil, cuman lampu indikator yang kedap kedip, padahal kipas power supply dan processor udah mutar kencang. saya bingung kok gk nyala, padalah semalam sebelum itu, saya masih bisa menggunakannya main game.

Saya coba beberapa kali, hidupin namun tetap gk mau nyala. monitor masih blank, saya curiga, mungkin tegangan listrik yang kurang besar karena daya listrik yang saya pakai 450v sementara besar daya power supply PC saya adalah 500v. Kemudian saya membentang kabel panjang ke rumah tetangga yang punya daya listrik yang besar yaitu 900v sebagai sumber tegangan, tapi tetap saja hasilnya nihil, PC belum bisa hidup normal.

Tanpa pikir panjang, saya cari tutorial di youtube dan browsing beberapa artikel terkait permasalah ini. Ada banyak sekali tutorial yang disuguhkan dan tips yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalah layar PC tidak mau hidup, mulai dari harus ganti RAM, Kabel VGA, VGA Display, Processor dll.

Saya jadi bingung, karena saya tidak memiliki part yang disebutkan tersebut. saya tidak mungkin membeli RAM, VGA, atau processor secara bersamaan sementara saya belum mengetahui penyebab yang asli.

Tapi untuk menyakinkan saya, akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke toko sparepart komputer dan laptop yang berjarak 20 km dari rumah saya dan membeli Ram DDR3 punya PC saya.

Sebelum melakukan transaksi saya terlebih dahulu menjelaskan permasalahan komputer saya dan mereka hanya bilang, YA MUNGKIN,, DI COBA SAJA... ...

Lumayan menguras kantong, harga kisaran 300k untuk ddr3 kapasitas 2GB, akhirnya saya bawa pulang dan penuh harap PC ini bisa kembali normal dengan dipasangkannya ram baru.

Setelah saya ganti ram lama ama yang baru, saya coba idupin, dannnnn.. ternyata masih tidak bisa, nihil, adddddduuuuuuuhhhh, uang 300k melayang,, ...

Akhirnya saya memutuskan untuk membongkar CPU dan mencabut semua komponen yang menempel di mainboard seperti ram, power supply, hdd dan kabel-kabel yang lain. kemudian saya hanya membawa BOARDnya saja ke toko komputer yang lain.

Nyampai disana, Saya coba tanya harga mainboard sfek PC  saya, soket LGA, Dan mereka bilang harganya sekitar 900an... Sayapun menjawab, boleh saya tes dulu pakai processor dan ram yang saya bawa di mainboard yang baru ini? kalau normal saya beli. kemudian mereka mengiyakan saya.

Saat setelah semuanya terpasang termasuk colokan ke monitor mereka, dan coba ON kan, dan ternyata, PC NYA idup, layar bisa nampil. Disana saya berpikir ternyata yang rusak bukan RAM, PROCESSOR, Atau yang lainnya, tapi MAINBOARD YANG harus di ganti atau di service.

Saya kemudian mengganti mainboard lama ama yang baru dan membawa pulang, setelah saya sudah selesai memasang semua sparepart yang lain, akhirnya saya bisa main game lagi.


Posting Komentar

0 Komentar