ANTIVIRUS TERBAIK UNTUK ANDROID


Selamat malam semuanya… jumpa lagi di blog serba-serbi

Today, saya mau share pengalaman saya menggunakan OS Android yang terkena gangguan Jin Trojan, yang merupakan salah satu jenis virus yang sering kali menyerang smartphone kita pengguna Android.

Saya pengguna Sony Xperia. Masalah yang saya alami beberapa hari menggunakan Gadget tua ini adalah SERING MUNCULNYA POP-UP IKLAN secara tiba-tiba dan muncul tab baru pada browser Google Chrome tanpa saya mengetahui sumbernya baik ketika hp dalam keadaan hidup atau ketika saya sedang melakukan browsing. Dan setelah melakukan riset mendalam, ternyata smartphone android saya terkena serangan malware.

Kejadian seperti ini bukan berarti terdapat masalah pada browser itu sendiri. Namun ini dikarenakan karena adanya beberapa aplikasi terinstal yang terkena serangan virus. Dan jenis virus yang paling sering menghantam Android kita adalah virus jenis Trojan.

Jikalau sudah seperti ini, maka siap-siap kita harus melakukan flash ulang atau melakukan instalasi firmware agar semua virus yang melekat di smartphone android kita hilang. BUT, The question is???  Bagaimana kalau kita tidak bisa melakukan flashing atau tidak memiliki cukup dana untuk membawanya ke konter?

Saya sendiri sangat malas melakukan flash ulang, terkecuali kelau memang itu sangat mendesak seperti android terjadi hang, bootlop dan sebagainya.

Solusi keduapun muncul, yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga (third party) yang dalam hal ini saya merekomendasikan menggunakan atau menginstal Malwarebytes Security yang bisa anda download di playstore.

Malwarebytes Security adalah aplikasi antivirus terbaik yang pernah saya install di Android saya. Sebelumnya saya telah menginstal beberapa jenis antivirus lainnya, namun mereka tidak mampu mendeteksi adanya serangan malware. dan ketika saya menginstal dan menscan Android saya menggunakan Malwarebytes Security, masalah yang saya alami tidak terjadi lagi. Saya tidak pernah mendapati adanya tab baru muncul secara tiba-tiba di browser Chrome. Juga performa yang diberikan semakin ringan.

Jika sudah mendownload Malwarebytes Security, pastikan Gadget Androidnya sudah melakukan root. Dengan itu kita bisa dengan mudah menghapus Apps yang terkena virus. Namun kalau belum diroot, kita bisa melakukan force stop pada APPS tersebut dengan cara masuk ke menu setting-APPS&NOTIFICATIONS-APP INFO dan cari apps yang terdapat virus di dalamnya.

o ya, jangan lupa untuk melakukan scanning sampai 3 kali, apabila scanning pertama dan kedua virusnya belum terdeteksi. Ini karena Malwarebytes betul-betul akan mengidentifikasi app yang benar ada virus di dalamnya sehingga menyebabkan terjadi POP-UP secara tiba-tiba. 

Sekian, mungkin itu saja dari saya, semoga bermanfaat.


Posting Komentar

0 Komentar